10 Hal Terbaik yang Dapat Dilakukan di Pulau Bintan, Indonesia

Surga pulau tropis dan percampuran budaya, Pulau Bintan menawarkan lebih banyak hal kepada pengunjung daripada hanya duduk di pantai.
Kurang dari dua jam dari Singapura dan Jakarta, Pulau Bintan adalah tempat liburan yang nyaman dari kehidupan kota yang sibuk. Tujuan yang indah adalah rumah bagi atraksi mewah dan avant-garde, alam yang indah, dan budaya lokal yang mempesona. Dari petualangan hiking hingga pesta-pesta murah hati, temukan 10 hal terbaik yang dapat dilakukan di Pulau Bintan, Indonesia.

Kunjungi Desa Panglong

Desa ini adalah rumah bagi Orang Laut (Gipsi Laut), beberapa pemukim awal Bintan. Para nelayan ini dulunya adalah orang-orang nomaden sebelum menetap di pantai Panglong, membangun rumah-rumah kayu di tepi pantai dan mencari nafkah dengan menebar jala dari perahu tradisional mereka. Wisatawan dapat melihat masa lalu pulau itu dalam keindahan bangunan-bangunan tua Panglong, seperti ikon ‘iglo bata’ yang dulu digunakan penduduk setempat untuk membuat arang.

Dinginkan dan mainkan di Crystal Lagoon

Dengan lebar 60 hektare, rahang yang jernih ini dapat dengan mudah terasa seperti laut sejernih kristal, sangat bersih, dan tenang. Crystal Lagoon di Treasure Bay adalah laguna air asin buatan pertama di Asia Tenggara – dan ini juga mengesankan. Berjalan-jalan di atas unicorn yang mengapung berjam-jam, bersantai di atas pasir putih bubuk atau mendaftar untuk salah satu kegiatan olahraga air mereka. Jetovator, mekanisme seperti jetpack yang dapat membuat Anda terbang di atas air, sangat populer di kalangan pemberani.

Kunjungi Kuil Seribu Wajah

Dikenal sebagai kuil ‘seribu wajah’, Vihara Ksitigarbha Bodhisattva adalah daya tarik yang khas, sempurna untuk gambar dan kaya budaya. Situs pemujaan Buddha yang agung ini memiliki sekitar 500 patung Lohan seukuran di halaman belakangnya, semuanya berbaris dengan wajah dan ekspresi yang berbeda. Gerbang kuil dan tempat pemujaannya begitu megah dan otentik rasanya seperti sepotong Cina di pulau tropis.

Nikmati makanan dan minuman

Menjadi rumah bagi beberapa komunitas nelayan, Bintan tidak pernah kekurangan makanan laut segar yang lezat. Kelong Seafood Restaurant menyajikan beberapa ikan bakar terbaik di pulau itu, dinikmati dengan latar belakang matahari terbenam yang indah dari Teluk Lagoi yang indah. Setelah makan malam, energi muda pulau ini dibawa ke malam hari dengan bar pinggul yang menghiasi pantai. Lagoi Bay memiliki beberapa bar tepi laut yang sangat baik seperti The Terrace Sports Bar dan Calypso Floating Bar.

Jelajahi Senggarang

Senggarang adalah dusun nelayan yang menawan dan rumah bagi populasi Tionghoa Bintan. Desa ini berdiri seperti Venesia versi sederhana, dengan kanal-kanal yang memisahkan rumah-rumah kayu yang mengapung di atas air. Sebagai pemukiman Cina pertama di pulau itu, Senggarang merumahkan beberapa kuil dan tempat pemujaan, mudah dikenali karena warnanya yang meriah dan cerah – kontras dengan rumah sederhana dan bersahaja di lingkungan tersebut. Jangan lupa untuk mencoba fillet hiu khusus lokal (shua he pia) atau bubur udang (he moi).

Jelajahi Pantai Trikora

Pantai Trikora adalah pusat wisata asli Pulau Bintan. Rangkaian empat pantai ini masih dihiasi dengan santai, bungalow dan restoran tradisional, yang merupakan kebalikan dari Lagoi mewah dan avant-garde. Wisatawan dapat melakukan banyak hal di pantai ini: berenang, snorkeling, dan bersantai di cabana tepi pantai sambil mencicipi makanan ringan tradisional.

Bergeraklah di luar ruangan

Rangkullah sisi yang lebih aktif dari kehidupan pulau dengan banyak aktivitas luar ruang yang ditawarkan di Pulau Bintan. Kegiatan seperti paintball dan penembakan senapan angin tersedia di resor seperti Nirwana Gardens dan Bintan Lagoon Resort. Wisatawan juga dapat keluar jalur melalui ATV atau pergi ke salah satu dari banyak klub golf di pulau itu seperti Ria Bintan.

Kunjungi Tanjung Pinang dan Pulau Penyengat

Tanjung Pinang adalah ibu kota Kepulauan Riau. Kota ini adalah kota tua dengan lingkungan kolonial dan tradisional untuk dijelajahi. Di sinilah wisatawan dapat berbelanja untuk kerajinan buatan lokal dan hidangan tradisional otentik seperti gonggong gambar laut yang terkenal. Pulau Penyengat hanya berjarak 15 menit naik perahu dari pelabuhan Tanjung Pinang, perumahan benteng abad ke-18, masjid, istana, dan landmark bersejarah lainnya.

Mendaki Gunung Bintan

Lebih jauh ke pedalaman, Pulau Bintan tertutup oleh hutan tropis, dengan jalur hiking menuju Gunung Bintan yang mulia. Pelancong pemberani akan dihadiahi dengan pemandangan luas dari beragam lanskap pulau yang menampilkan hutan, sungai, desa, dan pantai. Di sepanjang jalan, luangkan waktu untuk melihat burung tropis Bintan yang indah, anggrek liar, dan air terjun.

Manjakan diri di resor

Bintan menawarkan banyak hal, tetapi untuk waktu yang lama, tulang punggung pariwisata pulau ini adalah resor-resornya. Ini memiliki banyak resor milik Singapura yang memenuhi standar jet-setter paling mewah, meskipun ada pilihan tanpa akhir untuk selera atau anggaran apa pun. Beberapa resor, seperti Nirwana Gardens dan Club Med Bintan, memiliki properti yang luas dengan kegiatan di lokasi, seperti trapeze di tepi pantai dan olahraga air. Ketika Anda hanya ingin bersantai, selalu ada pilihan untuk bersantai di tepi kolam renang atau memanjakan diri dengan perawatan spa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *